Kamis, 01 Januari 2015

Kuliner Enak di Ciputat

Kali ini saya, Wulandari Nur Fajriyah akan meriview mengenai kuliner, lebih tepatnya saya akan menjelaskan beberapa jenis makanan yang sudah saya jelajahi. Beberapa jenis makanan tersebut memilki rasa dan penilaian yang berbeda-beda dilihat dari rasa, harga, dan tempat. Dari ketiga penilaian tersebut ada beberapa yang menurut saya paling enak dan rekoemndasi bagi para penjelajah kuliner khsusnya yang baru tinggal di seputaran Bintaro, Ciputat, dan Pondok Cabe.
Langsung yuk simak jenis makanan, berikut:
1.       
       1. Nasi Goreng

     Sejak bekuliah 4 tahun yang lalu di UIN Jakarta menjadi kebiasaan makan nasi goreng sebagai menu makan malam. Dan saya merasakan masa di mana nasi goreng dari harga rata-rata 8.000-10.000 sekarang.

a.     Untuk yang melihat kuantitas pilih nasi goreng di samping masjid Fatullah, nasi goreng depan Fatullah, nasi goreng BBS Legoso, nasi goreng depan IMM Ciputat, nasi goreng pasar Ciputat, nasi goreng keliling. Tempat di pinggiran jalan, kebersihan lumayan dan harga 10.000-.
b.   Untuk yang memilih kuantitas dan lebih enak di bandingkan poin (a) artinya rasanya lumayan maka bisa mencoba nasi goreng gila Kertamukti, nasi goreng semanggi, nasi goreng arah alfamart Legoso, nasi goreng kambing Pak Dadi. Tempat lumayan seperti di ruko-ruko. Harga nasi goreng tersebut bervariasi mulai 10.000 – 20.000-.
c.   Untuk yang mementingkan kualitas dapat memilih nasi goreng depan Alfamidi Legoso, nasi goreng Mas Eko depan Sashmira Ciputat, dan nasi goreng daun sirih Pamulang. Sebenarnya nasi goreng Alfamidi Legoso dan nasi goreng Mas Eko ini porsinya sangat pas dengan saya sebagai perempuan. Sedangkan nasi goreng daun sirih ini sudah tidak diragukan lagi rasanya dan sudah memilki banyak cabang di Indonesia.  Harga yang ditawarkan untuk nasi goreng ini mulai 13.000 – 30.000-.

    Pilihan untuk jenis nasi goreng banyak dari mulai yang biasa hingga nasi goreng jagung, sosis, kambing, ikan asin, campur, sayuran, dan gila yang dicampur beberapa kombinasi sosis, ayam, bakso, ati ampela, telor dan sebagainya. hal tersebut disesuaikan dengan selera dan kantong juga yah.

   Baru sebulan yang lalu saya mencoba nasi goreng Rempah Mafia tepatnya di Bintaro, arah mitra 10 dan samping CFC. Nasi goreng ini diperuntukan untuk yang suka pedas dengan level yang berbeda-beda mulai dari satu cabe hingga 100. Saya mencoba nasi goreng bumbu rahasia mafia yang pedas dan nasi goreng ebi dengan cita rasa asin dan gurih. Nasi goreng ini dihargai mulai 18.000 – 25.000,- bisa dengan tambahan telor dan kikil. Kalau saya sih suka pakai kerupuk :))
      Penampakan nasi goreng mafia
     
   
    Dan yang perlu diketahui atau memang sudah tau yah, setiap tempat nasi goreng tidak hanya menjual satu produk saja nasi goreng tapi menjual mie goreng atau rebus, kwetiau (mie yang lebih tebal dari mie biasanya)

2. Soto

    Hobi makan dengan kuah, kalau gak pakai kuah rasanya kurang enak dan seger makanan ini bisa menjadi solusinya guys. Makanan soto ini sangat bermcam-macam sekali kuahnya dan berpengaruh pada rasanya juga. Umunya soto di sekitar UIN menggunakan ayam dan ada tambahan memakai nasi atau tidak sesuai dengan selera. Sambel, jeruk nipis, kerupuk, usus, telor bisa menjadi sandingan makanan ini. Kalau saya sih minta tambahan ceker dan sayap di tempat langganan. Heheheh :D
   Sama seperti nasi goreng kebanyakan soto juga buka mulai jam 17.00 – sehabisnya. Tapi ada beberapa yang menjajankan soto di pesanggrahan UIN ketika siang hari sampai sore.

a.       Soto Lamongan
Soto ini berkuah kuning dengan koya yang segar disantap apalagi di musim pengujan seperti sekarang. Rekomenadasi soto lampngan yang enak deket Polsek Ciputat tepatnya disampingnya. Tempatnya enak, sering ada pengamen, dan cepat dilayani walaupun rame dan bisa tutup lebih awal alau laris manis. Soto ini dibandrol kantong anak kuliahan 8.000 – 15.000,-.
b.      Soto kuah bening
Saya beri nama kuah bening karena memang kuahnya bening kalau di samping Uin di depam IMM dan alfamart serta di setiap pecel lele relatif semua rasanya standar dan sama kurang menggugah selera. Biasanya dibandrol harga mahasiswa 8.000 – 12.000. Tapi saya memiliki rekomendasi utntuk kuah soto bening ini adalah Soto Bu Djondro sudah saya temui dua tempat ada di Pondok cabe dekat lapangan terbang Pondok Cabe dan di Bintaro. Harganya dulu 8.000 tapi sekarang naik menjadi 10.000 – 30.000. Tidak hanya menawarkan soto tapi banyak menu lain seperti gudeg, ayam kremes, pece, ikan, ayam, dan sebagainya tapi yang paling enak adalah sotonya. Namanya juga sudah Soto Bu Djondro. Heheheheh.
c.       Soto Betawi
Soto berkuah dengan santan dan kental ini disajikan dengan daging dan relatif lebih mahal. Kalau di sekitaran UIN kurang ada yang mantap gan, yang manatap pernah saya coba adalah di arah pinytu pulang TMII di pinggiran ada soto Betawi lupa namanya sangat mantap dan sudah ada sejak tahun 1970-an. Harganya kurang bersahabat sama mahasiswa harus nabung dulu nh er porsi dibandrol 30.000 – 50.000.
                        
                        Kangen makan soto betawi ih :D



 3. Bakso

      Bakso juga sering diburu oleh mahasiswa, sebenarnya tidak terlalu hobi dengan bakso karena dua kali dalam tahun jadi tukang bakso setaip hari besar Idul Adha dan Idul Fitri, jadi sudah terlalu puasa makan bakso. Tapi tetap saya akan bahas nih.

a.       Bakso terjangkau
Di samping UIN banyak bakso yang terjangkau dari bakso malang yang ada kerupuknya, bakso tek-tek yang pakai sepeda 1 nya 500, bakso tahu ada tahunya, bakso rusuk ada gajihnya, sampai bakso bakar yang ditusuk dan dibakar 1 tusuk dihargai 1.000.
Rasa bakso standar dan hampir semua hanya asin dan pedas (kalau pakai sambal) dihargai 1.000 – 20.000 per-porsi.
Di samping UIN tepatnya di dekat pimtu masuk arah kampung utan ada bakso legendaris yang sudah sejak tahun 1980an sampi sekarang bertahan lumayan untuk dicoba harganya juga sama 10.000.
Sedangkan di sekitar Cirendeu ada baso yang besarnya 1 mangkuk kalau menurut saya rasanya kurang Cuma berani di gedenya saja. heheheheh
b.      Bakso kualtas
Bakso kualitas ini memamng rasanya tiada duanya, saya bisa jamin kalah dengan bakso lapangan tembak senayan, Mr. Bakso. Bakso di Solaria dan sebagainya. Bakso Atom bisa di coba, tanpa menggunakan bumbu tambahan kuahnya sudah berasa dan tanpa adanya pengawet buatan. Sesuai dengan rasanya dan harganya pun setap bakso besar per biji 15.000 dan kecil 7.000, untuk sekali makan berkisar 30.000 – 50.000. namun jangan khawatir disediakan juga pakai hemat sudah dapat kerupukkacang dan teh botol mulai 27.000 – 45.000. Sesuai dengan harganya, tempatya pun bagus dan nyaman sekali untuk mengerjakan tugas. Hehehehe

 4. Mie Ayam

     Bagian ini yang saya tunggu untuk menjelaskannya karena lagi pengen banget Mie Ayam yang paling enak yang pernah ku coba, tempatnya memang jauh ada di Bogor tempatnya di tengah-tengah pasar, tidak akan percaya kalau di sini jadi tempat favorite setiap orang tapi memang begitulah tempatnya tapi rasanya mengalahkan segalanya ternyata. Hehehehe.
Berikut aku list satu persatu agar lebih jelas,

-    Mie ayam keliling standar rasa dan harga 8.000- sama seperti mie ayam di pesanggrahan tapi ada yang berbeda menawarkan seperti mie ramen di sebut mie DP (Dahsyat Pedas) mulai harga 13.000 – 20.000 per porsi. Mie DP ada beberapa level tapi menurutku mie ini penuh dengan MSG dan menyebabkan habis makan tenggorokan sakit lebih baik indomie warteg pesangrahan murah meriah dengan kuah ayam. Biasanya buka dari siang hingga malam.
-         Mie ayam di depan Fatullah standar rasa dan harga 10.000 buka dari siang hingga sore. Mie ayam depan Fakultas Psikologi dan Depan Kampus 2 juga lumayan untuk di coba.
-        Mie ayam dekat samsat ciputat lumayan enak harga 10.000 begitu pula Mie Ayam Donoloya di arah Lgoso mie ini buka dari pagi buta dan jam 12.00 siang sudah habis.


-            

    - Mie ayam tapos depan Lotte Bintaro tempat bagus sesuai dengan rasa juga enak harga mulai 25.000- sampai 50.000,- untuk mie sedangkan ada menu lain seperti seafood dan lainya bisa mencapai 100.000,- Buka dari siang hingga malam.



   
-          Dan yang terakhir Mie Appolo dengan mie yang sudah diracik terlebih dahulu, kering dan menggoda selera serta rasa enak di bandrol 20.000. Rekomendasi untuk yang berkunjung ke bogor. Buka dari siang sampai habis Cuma beberapa jam saja.

    Suasana dan tempat Mie Apollo nih, nyata bukan di tengah pasar :)) 
    Dan Mie nya yang selalu ku rindukan, darigamarnya aja udah menarik bukan?












        5. Ketoprak

    Makanan dengan lontong, mie, togek dan beberapa sayuran ini juga digemari saaat malam tiba, jadi ada beberapa referensi makanan untuk makan malam agar tidak bosen makan. Ada dua alternatif tempat gado-gado yang tidak boleh terlewatkan nih kalau di Legoso, yaitu:

-          Ketoprak Setan
Kalau ke Ciputat belum coba makanan ini belum afdol sepertinya. Jangan pernah mencoba sendirian karena ketoprak ini bka tengah malam dari jam 21.00 – habis biasanya jam 02.00 dini hari. Antrian yang sangat panjang dan saingan dengan laki-laki. Tahu kenapa? Karena setaip porsinya bisa untuk 3 orang laki-laki dan 5 perempuan. Heheheheh. Soal harga jangan ditanya dulu 6.000 dan sekarang 7.000. dan rasanya juga tak kalah dengan yang lain bukan berarti banyak tapi bumbunya kurang. No yah. Siap untuk mengantri Ketoprak Setan? Datang langsung di arah Legoso, tepatnya di dekat SMA/SMK Nusantara.
-          Ketoprak kulitas harga dan porsi pas
Ketoprak ini saingan dengan ketoprak setan namun harganya lebih mahal ini Rp 8.000 per- porsi namun kememnagna ketoprak ini menyajikan tahu yang di goreng dahulu jadi anget dan jadi pelayanannya dan ngantrinya agak lama yah. Bertepat di depan Molek Legoso ketoprak ini juga huka sama seperti ketoprak setan. Jadi, pilih yang mana guys?

Ketoprak Langganan semakin banyak nih porsinya.


6. Gado-gado

    Makanan khas betawi ini kudu dicoba nih, sama seperti namanya gado-gado, yah isinya juga gado-gado, yaitu tahu, tempe, jagung, pare, kangkung, kacang, togek, dan lainnya campur dah jadi satu namanya gado-gado. Beberapa rekoendasi gado-gado di sekitar Ciputat yang terjangkau dan enak.

-          Gado- gado depan IMM
Kulitas rasanya enak tetapi untuk harga dan porsinya tidak stabil. Porsinya semakin dikit dan harganya sudah 10.000.
-          Gado-gado depan Asrma Kedokteran UIN
Langganan saya dari dulu mulai 7.000 sekarang naik menjadi 9.000 dan saya kaget karena porsinya bisa berdua dengan adik laki-laki.
-     Gado-gado depan rumah saya di Perumahan Pondok Hijau juga enak tapi lumayan harganya 8.000,-

7. Jajanan Ringan 
     
   Jajanan ringan di sini buat yang males makan dan jajan yah kalau udah makan jajan namanya ngabisin uang. Hehehehe. Kenapa? Karena harga jajanan bisa sama atau lebih dengan makan loh. Misalnya, somay depan fatullah 6.000 per-porsi, enak deh. Bakso tusuk, tahu genjrot mulai 3.000, gorengan, tahu bulat 2.000 tiga, buah dari harga 1.000, cilok ada yang tiga seribu dan ada juga yang satu 5.000, burger dan kebab 5.000 – 20.000, susu jahe 3.000 – 5.000, nasi kucing, martabak, dan banyak lainnya.

   Jika ingin menikati jajanan ringan alias berat ini bisa langsung menuju pesanggrahan dan masjid fatullah.

8. Warteg
    
    Alternatif terakhir kuantitas dengan harga pas warteg, beberapa warteg yang pernah saya jelajahi, yaitu:

-          Warsun (Warung Sunda)
Rekomendasi untuk akhir bulan dan menawarkan banyak jenis makanan serta sayuran dengan rasa yang lumayan. Mulai dari ruko yang semput hingga sekarang luas tepatnya berada di dekat SMA/SMP MP UIN. Sekali makan mulai 5.000 – 12.000 per-porsi. Saya rekoemndasikan warteg ini karena masak dua kali dalam sehari dan pasti habis jadi besok masak baru lagi, karena saking ramenya. hehehehe
-          Warteg di dekat Aula Insan Cita dan Pesanggrahan
Warteg ini bisa juga jadi alternatif namun rasanya tidak terlalu nendang, yang direkoemndasikan adalah coba kentang bumbu balado yang diiri tipis enak dan buat berkali-kali makan. Heheheh. Harga mulai 5.000 – 15. 000 per-porsi.
-          Warteg rumahan
Ada dua alternatif  (1) di dekat Asrma Putra, tapatnya di belakang ada warteg barokah yang bersih dan rasa rumahan namun harganya lumayan mulai Rp 7.000 – 15.000 per-porsi. (2) Warteg dekat SMK Nusantara dapat jadi pilihan dengan rasa yang nendang dan murah meriah seperti harga warteg umunya 5.000 – 15. 000 per-porsi.
-          Warteg di jalanan
Banyak warteg di jalan arah legoso di pinggir, kampung utan, kertamukti, BBS, semanggi dan lain sebagainya, harganya juga sama 5.000 – 15. 000 per-porsi namun kualitas dan masakan yang selalu di masaka lagi mengurangi gizi dan kurang bersih. Walaupun mau makan murah tapi harus lihat dulu apa yang akan masuk dalam tubuh kita dan bagaimana cara mengolahnya adalah poin penting yang harus diperhatikan.

        Sudah legkap dan jelas bukan rekoendasi makanan mahasiswa anak kampus UIN Jakarta. Tinggal pilih dan kalau kurang jelas bisa langsung tanya ke saya. Hehehehe.
        Di bagian selajutnya saya akan bahas rekmoendasi makanan menengah yang dapat di coba sekali-kali :D


4 komentar:

  1. di bandung juga ada mie naripan nih nanti kalo ke bandung ane rekomendasiin ya www.facebook.com/mienaripan/

    BalasHapus
  2. wah.. boleh tuh nanti mampir kalau saya di Bandung. Terimakasih :)

    BalasHapus
  3. Kalo bengkel dimana yah yg enak? Dah lama euy gk makan busi motor...kangenn 😀😀😀😀
    Eh tapi kyk kenal?? Orng lampung yah? Alumni IAI yah? Wkwkwkwkk

    BalasHapus
  4. Hi kak... relate bgt ma tulisan ini scr dl prnh jd penduduk Cirendeu. Emang NasgorKambing BBS paling top seduniaaa, msh rada2 basah gmn gt sama kepingan daging sate kambing. Udh belasan thn ga nyoba lg sejak pindah. Ketoprak nusantara yg porsinya ga ngadi2 selapangan, ada yg kelupaan ni ketoprak midnite di dpn ruko cirendeu dkt pertigaan, spesial kuliner malam. Trs bubur radio dalam cabang ciputat yg k arh bintaro.
    Woke dalam kenal dr blog javvachic

    BalasHapus