Minggu, 07 Februari 2016

KULINER HITS VERSI KAKI LIMA






Kali ini saya akan merekomendasikan kembali beberapa tempat yang rasanya harus dicoba. Beberapa tenpat beriku adalah tempat makan kaki lima yang ramai pengunjung dan hits banget di Jakarta, karena makanan kaki lima jadi harus ekstra sabar untuk mendapatkan makanan ini. Sesuai dengan pengalaman makan saya selama ini. Yah, kuliner, makanan lagi, dan makanan enak membuat kita tenang dan menikmati hidup.


1.      Gule Da’ul
Gule yang satu ini benar-benar berada di pinggiran jalan, dan asalnya memang pedagang kaki lima, berada di Jl. Gandarian (belakang), berada dideretan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Pom Bensin Taman Puring. Rasanya memang benar-benar gule nendang, dengan kuah santan yang kental, dan isinya dijamin daging semua. Satu porsi gule dengan nasi dihargai dengan Rp 30.000,-. Kuliner yang lagi hits di Jakarta ini sangat ramai sekali, sampai-sampai saya tak kedapatan tempat dan harus dibawa pulang gulenya.

2.      Ayam Bakar Gayantri
Ayam Bakar Gayantri ini memang sudah terkenal di Jakarta, berada di belakang Blok M Mall dan tepat di kuliner blok M yang terkenal dengan gultiknya (Gule Tikungan). Tidak hanya menyajikan menu ayam saja tetapi ada berbagai menu lainnya, seperti ceker, sop, dan menu sayuran. Satu porsi ayam dan nasi dijual dengan harag Rp 18.000,-. Makan di sini harus serba sabar, sabar menunggu dapat tempat, sabar menunggu dilayani, sabar menunggu makanan datang, hehehehe. Sambil menunggu, saya makan piscok di sebalah warung ini, enak piscoknya bisa jadi teman untuk menunggu.

3.      Pecel Sambel Setan Manggarai

Pecel ini bukan pecel dalam artian makanan jawa tetapi pecel di sini menawarkan berbagai lauk, seperti: ayam, ikan, lele, jengkol, pete, cumi kering asin, ati ampela, tempe, tahu, kerupuk, dan berbagai lalapan. Dengan harga yang terjangkau, tempat ini laris manis dikunjungi banyak orang karena sambelnya memang benar-benar setannnnn!!!!! Pedesnya nampolllll..... Pengaaman saya makan berdua dengan menu ayam, cumi, tahu, tempe, dan ati ampala menghabiskan uang Rp 46.000,- lumayan puas dngan porsi banyak dan berbagai lauk serta lalapan. Namun, karena ini makanan dipinggiran Jl. Manggarai Raya jadi tetap harus sabar untuk dilayani dan mendapatkan tempat duduk.


4.      Pisang Goreng Tanduk
Berada tidak jauh dari stasiun manggarai ada warng piggir jalan yang ramai dengan pengunjung yang antri untuk mendapatkan pisang goeng tanduk. Yah, sesuai dengan namanya pisang yang digunakan adalah piang tanduk (panjang dan manis) dengan tepung yang membalut dan makan ketika panas, akhhhhh.... nikamatnya. Untuk menikmati pisang ini kesabaran kita pun harus diuji dengan antrian yang banyak tapi kalau tak mau antri bisa pesan dari hari sebelumnya via telpon. Antrian pisang goreng ini cukup mengesalkan karena pesan pisangnya 200, 100, 50, 40. Hiks..... satu pisang goreng yang enak ini dijual dengan harga Rp 2.500.



Penampakan pisangnya yang matang dan kuning, gurihh.....




5.      Roti Bakar Alend
Roti bakar ini sudah ada sejak 10 tahuna  yang lalu, berada di jalan besar Rempoa, tepatnya dipinggir jalan juga perbatasan antara Rempoa dan Veteran, Jakarta Selatan ini harus dicoba. Roti bakar ini bisa diadu dengan rasa roti bakar yang lagi hits banget sampai yang mahal sekalipun. Warung kaki lima ini tidak hanya menawarkan roti bakar tetapi ada indomie rebus dan goreng dengan berbagai topping seperti telur, keuju, kornet. Warung kaki lima ini menjual makanan dari harga Rp 9.000-15.000.






6.      Bebek Goreng Empuk Bu Tini
Bebek goreng Bu Tini ini tidak hanya menawarkan bebek goreng saja tetapi bebek bakar juga. Dengan harga satu porsi bebek ini Rp 22.000,-. Rasa bebek ini benar-benar empuk dan penuh dengan daging.  Rasa bebek ini bisa diadu dengan bebek yang sudah ternama dan banyak cabangnya. Bebek Bu Tini ni berada tidak jauh dari BPK Penabir 1 Bintaro, tadinya hanya pedagang kaki lima tetapi sekarang sudah pidah ke ruko-ruko persis sebelah unit BRI.







Dan yang terakhir adalah mie ayam pinggir jalan, kalau berkeunjung ke UI Depok dan lapar, mie ayam ini bisa di coba dan ditemukan di antara FIB dan FISIP. Ada yang bilang mie ayam FIB dan mie ayam FISIP karena letaknya dipinggir jalan antara dua gedung fakultas tersebut. Cukup dengan Rp 9.000,- sudah kenyang pake banget, biasanya makan satu porsi berdua kalau sendirian gak kuat kenyanggg banget makk....


Selamat mencoba kuliner kaki lima yang saya rekomendasikan. Ternyata mendapatkan makanan enak membutuhkan perjuangan dari segi kesabaran,waktu, dan semua itu akan membuahkan hasil dari makanan yang kita makan karena gak akan pernah menyesal deh dari rasanya.

1 komentar: